Tayangan halaman minggu lalu

Sabtu, 19 Agustus 2017

Kerja Praktik di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.



Peralatan Industri di PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk.

Assalamualaikum Wr. Wb
Salam Sejahtera untuk kita semua. Pada postingan kali ini saya akan memberikan sedikit gambaran bagaimana kerja praktik di salah satu industri proses kimia yang memproduksi semen.

Di Teknik Kimia, setiap mahasiswa diwajibkan untuk melakukan kerja praktik di Industri Proses Kimia dengan maksud sebagai berikut:
- Mendapat gambaran yang nyata terhadap suatu industri proses, baik terhadap proses dan pemroses serta terhadap sistem secara keseluruhan di lingkungan industri.
- Dapat membandingkan pengetahuan yang diperoleh dari teori perkuliahan dengan kondisi riil di lapangan dengan mengamati dan menganalisa jalannya proses.
- Memahami sistem pengorganisasian, pengelolaan pabrik, segi ekonomi, serta peraturan kerja dalam pengoperasian sarana produksi.
- Dapat merasakan dan beradaptasi dengan budaya dan lingkungan industri secara lebih awal sebagai bekal untuk memasuki lapangan kerja di industri setelah lulus.

Sedangkan tujuan dari pelaksanaan kerja praktik ini adalah :
- Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Kimia yang mempunyai wawasan tentang sektor industri proses kimia di Indonesia secara lebih komprehensif.
- Meningkatkan kualitas SDM dengan mencetak tenaga kerja yang profesional di bidangnya, yaitu bidang Teknik Kimia.
       Sebelum lebih jauh membahas kerja praktiknya, kita perlu tahu terlebih dahulu hubungan antara   industri proses kimia dengan bidang studi teknik kimia itu sendiri

1. Intoduction
        Teknik kimia merupakan ilmu keteknikan yang ruang lingkup kerjanya tertuju pada usaha untuk mengkonversi suatu bahan baku yang nilai manfaatnya rendah  menjadi produk yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia yang berbeda fisik dan kimiawinya dan mempunyai nilai ekonomis. Proses-proses dalam teknik kimia ini terdiri atas pencampuran, pemisahan, sintesa dan proses-proses pendukung lainnya seperti pemanasan, pendinginan, penanganan limbah industri sampai pada penyimpanan dan pengangkutannya.
         Mahasiswa Teknik Kimia harus menguasai proses operasi dan pemeliharaan pabrik kimia. Maka dari itu, sebelum masuk dalam dunia kerja haruslah mengenal dan menguasai terlebih dahulu proses yang ada pada pabrik tersebut. Dalam kerja praktek, mahasiswa dapat mengamati dan mempelajari bagaimana proses yang terjadi dalam industri.
         Oleh karena itu, kerja praktik di industri proses kimia sangat dibutuhkan untuk mendukung kita untuk menguasai proses proses yang ada dalam suatu pabrik di industri proses kimia.
         Nah sekarang paham kan hubungan antara industri proses kimia dengan bidang studi teknik kimia itu seperti apa, mudah mudahan temen temen semua paham ya,apa yang saya jelaskan diatas.  

2. Pelaksanaan Kerja Praktik di PT Indocement Tunggal Prakarsa
Yang jadi pertanyaan apa sih semen itu, kenapa mahasiswa Tekim bisa kerja praktek di Indocement yang membuat semen? Pertanyaan temen temen akan terjawab sesaat lagi ya
            Jadi kenapa PT Indocement ini bisa jadi tempat kerja praktik buat mahasiswa tekim alasannya adalah :
-  PT. Indocement banyak melibatkan proses-proses yang berhubungan dengan Teknik Kimia.
- PT. Indocement layak untuk digunakan sebagai sarana pemahaman konsep-konsep kimia dan fisika secara langsung dan aplikatif.
               Nah sekarang tau kan alasannya, di PT Indocement itu mahasiswa tekim biasanya di tempatkan di bagian produksi semen dimana di bagian produksi itu terjadi proses fisika dan proses kimia yaitu:
       
                  Proses Fisika :
a.       Pencampuran
b.      Penggilingan
c.       Pendinginan
d.      Pemanasan
e.       Penguapan
f.       Homogenisasi, dll
Proses Kimia :
a.       Reaksi Pembentukan komponen semen
b.      Reaksi pembakaran batu bara

Nah Mata kuliah Azas Teknik Kimia dan Termodinamika sangat terpakai untuk perhitungan Neraca massa dan Energi di PT Indocement ini. Tapi bagi temen temen yang kurang paham mata kuliah tsb tidak perlu cemas karena di Industri semen tidak terlalu rumit untuk perhitungan neraca massa dan energinya dan bisa dibilang sangat mudah untuk dipahami.

Selain itu,di Indocement kita juga bisa melihat secara langsung alat alat yang digunakan dan rata rata berukuran sangat besar,sangat jauh sekali dengan yang ada di buku buku ya hahaha. Mata kuliah Alat Industri Kimia sangat dibutuhkan untuk dapat memahami alat alat yang ada di Indocement ini. Tidak perlu cemas sulit untuk mengerti karena semua bisa asal kita ada niat mau belajar aja. 
Adapun sedikit gambaran mengenai alat alatnya ada di bawah ini



Tube Mill : untuk menggiling bahan baku semen yang terdiri dari limestone,sandy clay, dan pasir besi serta correctif clay. Selain itu juga, dalam tube mill ini terjadi proses pencampuran menjadi campuran yang lebih homogen bahan baku yang tadi disebutkan serta terjadi proses pengeringan juga dimana panas yang digunakan berasal dari gas gas hasil pembakaran pada unit kiln yang nanti akan saya gambarkan.

 Bucket Elevator : Merupakan alat transportasi bahan padat yang terdiri dari bucket bucket yang bergerak secara vertikal keatas membawa bahan padat menuju ke atas. Karena di indocement kebanyakan bahan padat makanya pake alat transportasi yang satu ini

 Belt Conveyor : nah ini alat transportasi juga untuk membawa limestone dari tempat tambang menuju ke pabrik. Nah di PT Indocement ini bahan baku limestonennya itu di transportasikan sejauh 4,4 km, jauhh yaa :D

Kiln : merupakan tempat terjadinya reaksi kalsinasi dan reaksi pembentukan klinker
Reaksi kalsinasi yaitu reaksi CaCO3 menjadi CaO dan CO2 dan reaksi MgCO3 menjadi MgO dan CO2. Sedangkan reaksi pembentukan klinker adalah reaksi pembentukan komponen komponen semen yang terdiri dari C2S, C3S, C3A dan C4AF. Intinya Kiln ini adalah reaktor kimia di industri semen

Storage Pasir Besi dan Clay : ini adalah tempat penampungan sementara sebelum di proses lebih lanjut
 Storage Sandy Clay : Tempat penampungan sementara Sandy Clay


Storage Limestone : Berbeda dengan storage sandy clay, clay dan pasir besi yang memanjang,storage limestone ini bentuknya melingkar dan dilengkapi dengan alat penggaruk atau reclaimer yang fungsinya untuk menjatuhkan dan memilah tumpukan limestone ke dalam belt conveyor yang tepat berada di bawah permukaan storage tsb.

Chimney : kaya semacam cerobong asap untuk membuang gas gas yang tidak diperlukan lagi dalam pabrik seperti CO2 dan lain sebagainya

Fotografer : bos bro (Kevin Caesar Novaldi) dan Muhammad Arief Nugraha :D

Yah demikian gambaran nyata bagaimana kerja praktik di PT Indocement Tunggal Prakarsa, kritik dan saran saya terima, tks
Wassalamualaikum Wr Wb

1 komentar:

  1. Kang aku juga dari cimahi, jurusan teknik kimia unjani, kang aku mau tanya dong waktu KP disitu, masukin proposalnya bagaimana, dan acc dalam waktu brpa lama dari pengajuan, mohon infonya ya kang, nuhunnnn

    BalasHapus